Tips Mencegah dan Merawat Wajah Kusam

Tidak sedikit wanita mengeluhkan warna kulit wajahnya yang kusam dan gelap, disini kita akan membahas
Penyebab Kulit Kusam
Kulit wajah yang kering wajib segera diatasi sebab akan amat mengganggu penampilan. Masalah kulit yang satu ini akan menimbulkan masalah lain seperti kulit wajah yang tampak kusam, keriput, serta dapat membuat iritasi  sebab wajah Anda yang amat sensitif. Pada dasarnya tubuh manusia memiliki mekanisme untuk regenerasi kulit termasuk kulit bagian wajah, dalam bahasa sederhananya merawat wajah secara otomatis per periodik. Sebelum itu ada baiknya mengetahui apa saja hal yang dapat menyebabkan kulit kusam, diantara yaitu:
1. Faktor Genetik (Keturunan)
Tidak bisa dipungkiri faktor genetik merupakan salah satu  hal yang berpengaruh besar pada kulit seseorang, yang dimaksud dengan faktor genetik yaitu faktor bawaan atau turunan dari kedua orangtuanya. Apabila ada salah satu dari orang tua anda yang bermasalah dengan kulit, ada baiknya anda mulai mewaspadainya dan melakukan tindakan pencegahan.
merawat wajah kusam
2. Pola Hidup
Jarang berolahraga, mandi tidak teratur, tidur tidak teratur atau apapun yang serba tidak teratur merupakan pola hidup yang sebaiknya tidak dianjurkan.  Pola hidup yang baik tentu akan berdampak positif terhadap kesehatan, begitupun sebaliknya, pola hidup yang buruk atau tidak teratur maka akan berdampak buruk pula pada kesehatan kita. Bila anda berniat merawat wajah anda dengan baik, maka mulailah dengan pola hidup yang teratur.
3. Pola Makan
Berhati-hatilah mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak seperti, junk food, gorengan, makanan yang mengandung banyak santan dan kurangnya mengkonsumsi asupan atau vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh
4. Faktor Lingkungan
Lingkungan menjadi salah satu faktor yang penting dalam menentukan cara merawat wajah. Tentunya berbeda bila kita tinggal di tempat yang lembab dan kering, perlu Ada perlakukan khusus bagi kulit wajah. Jika kita terbiasa berada ditempat-tempat kering dan berdebu maka tidak bisa dipungkiri bahwa debu-debu yang ada dilingkungan tersebut juga dapat menyebabkan kulit kita menjadi tidak sehat, karena debu dapat menempel di kulit yang berminyak, sehingga pori-pori kulit kita akan tersumbat dan menyebabkan jerawat.
merawat wajah kusam
5. Kesalahan Memilih Produk Kosmetik
Kosmetik dapat menjadi salah satu faktor pemicu wajah kusam, niat awal ingin merawat wajah  secara mandiri namun malah yang terjadi sebaliknya. Carilah produk perawatan kulit yang memiliki label (for sensitive skin). Anda juga bisa mencari prouduk yang mengandung anti flammatory
6. Tidur tidak teratur dan kurang.
Tidur tidak teratur dapat menyebabkan stress, dampak akan Nampak pada wajah kusam dan terlihat tidak bercahaya. Oleh karena itu terkadang kita mendengar perkataan “wajahnya sayu/capek, kurang tidur ya”. Wajah anda akan terlihat sekali bila kurang tidur, maka mulai dari sekarang untuk dibiasakan tidur yang cukup untuk menjaga kecerahan wajah sekaligus kesehatan tubuh.
7. Kurang mengkonsumsi air putih
Air putih sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia, dalam satu hari kebutuhan air paling tidak 8 gelas apabila kurang dari itu akan menimbulkan masalah. Air juga digunakan untuk melembabkan kulit, apabila air tersebut kurang maka bisa dipastikan ada gangguan salah satunya kulit yang kusam.
merawat wajah kusam
Tips Mencegah dan Merawat Wajah Kusam
Setelah kita tahu apa saja penyebab dominan yang menyebabkan wajah kusam, maka langkah selanjutnya adalah bagaiman caranya kita mencegah dan mengatasi hal tersebut. Merawat wajah kusam sebenarnya tidak terlalu susah dan mengeluarkan biaya banyak biaya, berikut tips merawat wajah kusam:
  1. Hindari menggunakan produk yang mengandung sulfur. Produk perawatan kulit dan make up yang anda gunakan sebaiknya tidak mengandung sulfur karena sulfur dapat meningkakan kondisi kekeringan kulit.
  2. Setiap akan melakukan aktivitas, baik diluar atau pun di dalam ruangan, jangan lupa untuk memakai pelembab. Untuk wajah kusam disarankan menggunakan pelembab  yang berbahan dasar air (water based formula) dan mengandung nutrisi bagi kulit (moisture rich). Sebelum menggunakan pelembab, sebaiknya wajah dibersihkan terlebih dahulu dengan air hangat.
  3. Minumlah air setidaknya 8 gelas setiap hari karena tubuh kita mengandung 75% air dan hal itu harus tercukupi. Dehidarasi atau kekurangan ar akan menjadikan kulit lebih kering.
  4. Lakukan facial khusus kulit kering, agar langkah perawatan kulit bisa lebih maksimal. Anda bisa melakukan hal ini dua kali dalam sebulan.
  5. Tingkatkan asupan vitamin. Pastikan makanan anda cuku mengandung vitamin A,D, dan E. Ketiga jenis vitamin tersebut sangat bermanfaat  untuk kulit. Zat retyni palmiate dan tretinoin acid yang terkandung dalam vitamin A juga dapat berfungsi untuk mendorong proses pengelupasan sel-sel kulit mati yang akan membuat permukaan kulit terlihat lebih segar, vitamin-vitamin tersebut bisa anda peroleh melaui sayur-sayuran dan buah-buahan.
merawat wajah kusam
Sayuran dan buah-buahn merupakan sumber vitamin terbaik untuk perawatan wajah
Disamping tips diatas anda mungkin melakukan perawatan kulit wajah harian yang bisa dilakukan sendiri dirumah, berikut tips merawat wajah harian:
  1. Malam hari, sebelum tidur, bersihkan wajah dengan pembersih yang lembut
  2. Pada pagi hari, anda cukup membasuh wajah dengan air hangat, kemudian gunakan pelembab.
  3. Kulit kering memang cenderung terlihat kusam. Karenanya, anda perlu melakukan proses pengelupasan atau peluruhan sel kulit mati setiap seminggu sekali. Untuk melakukannya, anda bisa memilih scrub yang memiliki butiran kecil, halus, dan lembut.
  4. Hindari menggunakan scrub yang terdiri atas partikel garam atau kacang-kacangan karena cenderung kasar sehingga dapat merobek permukaan kulit.
  5. Hindari membersihkan kulit dengan air panas, atau terlalu sering menguapiwajah karena akan dapat menyebabkan kulit wajah jadi makin kering.
  6. Gunakan susu pembersih yang tidak mengandung bahan penyegar berbahan alcohol.
  7. Ketika anda mengeringkan wajah dengan handuk setelah membersihkan dengan air, sebaiknya usahakan agar wajah anda tidak terlalu kering seluruhnya sehingga masi terasa lembab.
  8. Sangat dianjurkan untuk merawat wajah kusam dengan mengkonsumsi vitamin E dan suplemen yang mengandung fatty acid, seperti ekstrak ikan cod datau buah alpukat 

0 Comment "Tips Mencegah dan Merawat Wajah Kusam"

Posting Komentar